Powered By Blogger

Senin, 20 Februari 2012


MILIK IPA DAN MILIK TEKNOLOGI
A
R
R
A
N
G
E
D
BY:

MASITHO PURNAMA SARI
409332025
Description: Logo unimed








MATHEMATIC AND NATURAL SCIENCE OF FACULTY
STATE UNIVERSITY OF MEDAN
2011

MILIK IPA DAN MILIK TEKNOLOGI

Jenis pengetahuan manusia ada 2 macam, yakni:
1.       Ilmu (pengetahuan ilmiah)  : ilmu yang diperoleh melalui penerapan metode ilmiah, memiliki proses yang baku dan runtun untuk memperoleh ilmu baru, sehingga hasilnyadapat dipertanggung jawabkan
2.       Pengetahuan bukan ilmu

IPA sebagai ilmu adalah abstraksi ilmu pengetahuan ilmiah berupa konsep, hukum dan prinsip. Proses penerapan praktis dari ilmu pengetahuan ilmiah menghasilkan suatu produk atau alat yang dapat digunakan manusia disebut teknologi. Penekanan dalam ilmu pengetahuan adalah abstraksi sedangkan penekanan dalam teknologi adalah desain dan produksi barang atau alat kebutuhan manusia.

A. Milik IPA

Antara ilmu pengetahuan IPA dan teknologi ada hubungan yang erat. IPA terbagi menjadi ilmu Kimia, Biologi dan Fisika. Milik IPA artinya apa yang menjadi bagian dan IPA sebagai ilmu.
Antara ilmu dan filsafat ada hubungan. Filsafat adalah induk ilmu pengetahuan. Ada tiga tiang penyangga filsafat, yakni:
·         Ontologi               : membahas tentang hakikat suatu objek yang ingin diketahui atau                                            hakikat yang ditelaah jenis dan ciri-cirinya.
·         Epistemologi      : membahas tentang proses, langkah-langkah, prosedur untuk                                                    memperoleh suatu produk.
·         Axiologi                                : membahas tentang nilai atau kegunaan dan manfaat sesuatu yang                                          ditelaah.

Filsafat diartikan sebagai suatu cara berpikir yang radikal dan menyeluruh, suatu cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya. Sedangkan Ilmu adalah kumpulan pengetahuan ilmiah yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakan ilmu dengan pengetahuan lainnya.
Untuk memperoleh ilmu pengetahuan yaitu melalui penerapan epistemologi filsafat yang juga memiliki metode berpikir menggunakan ontologi, epistemologi dan axiologi. (Suriasumantri, 1989: 4-9)
IPA adalah ilmu. Bidang yang dapat ditelaah adalah dunia empirik. Objek masalah dari ilmu adalah hal-hal nyata yang dapat diamati.
Ciri-ciri ilmu yaitu:
·         Mempunyai objek dunia nyata
·         Memperoleh ilmu pengetahuan dengan cara membuat asumsi (Asumsi memberikan arah dan langkah yang akan dilakukan untuk melakukan penelaahan)

Asumsi ada tiga jenis, yakni:
1.       (Mengenai dunia empirik) asumsi ini megatakan bahwa benda memiliki keserupaan dilihat dari bentuk, striktur dan sifat.
2.       Suatu objek tetap tidak berubah pada kurun waktu tertentu
3.       Determinasi yang menganggap bahwa suatu objek bukan berubah disebabkan ada yang membuat dia berubah (bukan berubah sendiri). Contoh: Gunung mengeluarkan asap pasti ada yang menyebabkannya

Pola berpikir untuk memperoleh ilmu pengetahuan ada 2, yakni:
·         Pola rasional
·         Pola empirik (deduktif-induktif)

Ahli yang menemukan ilmu berdasarkan data empirik adalah Darwin. Dia mengeneralisasi data-data empiris kemudian mengemukakan teori bahwa manusia diasumsikan berasal dari kera.
Objek telaah IPA adalah dunia empirik. IPA berkembang dengan pesat dan akhirnya membentuk 3 disiplin ilmu yaitu:
·         Ilmu kimia (Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia Analitik dan Biokimia)
1.       Fisika berkembang menjadi Mekanika Listrik, Magnet, Cahaya, Bunyi dan Fisika Modern
2.       Biologi berkembang menjadi Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Taksonomi, Fisiologi, Ekologi
3.       Kimia-Matematika berkembang menjadi Kimia Teoritis, Chemometric
4.       Kimia-Fisika berkembang menjadi ilmu Material, Metallurgi
5.       Kimia-Fisika-Biologi berkembang menjadi Bioteknologi dan Rekayasa genetika 

Milik IPA adalah pengetahuan berkaitan dengan dunia empirik yang bertujuan untuk menjelaskan dan mengontrol serta memprediksi variabel yang akan datang berdasarkan data empirik. Bidang garapan IPA adalah penjelasan alam, proses dan mekanisme, kejadian alam, penemuan dan pengembangan IPA dengan metode ilmiah yang memiliki ciri tertentu. Milik IPA adalah abstraksi konsep, teori, hukum dan prinsip tentang pengetahuan alam.

B. Milik Teknologi

Teknologi adalah penerapan praktis dari ilmu pengetahuan untuk memperoleh alat atau produk. Berkembangnya IPA secara terus menerus mengakibatkan volume IPA makin besar. Untuk mengembangkan teknologi perlu dipahami apa ciri-cirinya dan dampaknya ke lingkungan sehingga dalam pengembangan itu tidak merusak pada alam.
Ciri-ciri teknologi, yaitu:
·         Sebagai tangan menjalankan apa yang ada dalam ilmu
·         Sifatnya dialektik, artinya dalam memecahkan masalah selalu ada kemungkinan memunculkan masalah baru
·         Memiliki kecenderungan MIPA dengan memunculkan teknokrasi
·         Berkorelasi dengan energi
·         Memiliki masalah adanya ketak-esaan, artinya ada pernyataan yang tidak murni
·         Memiliki sifat adanya kemampuan melampaui batas ilmu sehingga memerlukan pertimbangan nilai dan norma

Teknologi berkembang yaitu:
·         Memiliki daur inovasinya semakin pesat
·         Selalu dikembangkan secara kelompok bukan individual
·         Dengan pendekatan secara sistem dan secara multi disipliner
·         Ada pertimbangan aspek lingkungan hidup (Timoteus, 1992: 50-70)

Dewasa ini teknologi dibutuhkan bukan hanya untuk memperoleh alat tetapi sudah menjadi sarana untuk mengembangkan IPTEK dan untuk komunikasi. Jadi, milik Teknologi adalah desain dan memproduksi sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar