FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI
PENDIDIKAN MIPA DI
SEKOLAH
A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Matematika
di Sekolah
Matematika
merupakan disiplin ilmu yang mempunyai karakteristik tertentu bila dibandingkan
dengan disiplin-disiplin ilmu lainnya. Matematika itu berkenaan dengan ide-ide
atau konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis dengan penalarannya
yang bersifat deduktif atau aksiomatik.
1. Proses Belajar Matematika
Belajar
merupakan gabungan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil dari latihan
atau pengalaman. Bahasa matematika adalah bahasa simbol yang padat, ketat,
abstrak, dan penuh arti.
Memahami konsep
matematika perlu memperhatikan konsep-konsep sebelumnya. Matematika tersusun
secara secara hirarkis yang satu sama lainnya berkaitan erat. Konsep lanjutan
tidak mungkin dapat kita pahami sebelum memahami dengan baik konsep sebelumnya
yang menjadi prasyaratnya. Ini berarti belajar matematika harus bertahap dan
berurutan secara sistematis serta harus didasarkan kepada pengalaman belajar
yang lalu.
2. Proses Mengajar Matematika
Mengajar
dilukiskan sebagai proses interaksi guru dan siswa. Dalam proses interaksi ini,
guru mengharapkan siswanya dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap
yang benar-benar telah diseleksi oleh guru. Pengetahuan, keterampilan dan sikap
yang dipilih guru itu hendaknya relevan dengan tujuan dari mata pelajaran yang
diberikan dan sesuai dengan struktur kognitif yang dimiliki.
3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar
Mengajar MIPA
Proses belajar
mengajar merupakan kegiatan komunikasi antar manusia, semua orang yang belajar (siswa) dan orang yang mengajar
(guru). Komunikasi antar dua subjek yaitu guru dan siswa adalah komunikasi yang
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: situasi dan kondisi, termasuk kondisi
masyarakatnya.
a. Guru
Seorang guru
yang profesional dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan tertentu. Guru
merupakan pribadi yang berkenan dengan tindakannya di dalam kelas, cara
berkomunikasi berinteraksi dengan warga sekolah dan masyarakat umumnya.
Faktor
penguasaan materi dan penguasaan suasana belajar disamping faktor kepribadian
merupakan faktor-faktor penyebab proses belajar mengajar yang sepenuhnya
tergantung pada guru.
Guru yang
mementingkan selesainya bahan tanpa memperhatikan kemampuan dan kesiapan anak
didik akan menimbulkan kesulitan anak didik dalam memahami pengajaran
matematika.
b. Siswa
Tujuan dari
proses belajar mengajar sebagai proses interaksi deduktif adalah membantu siswa
dalam mengarahkan perubahan tingkah laku secara efektif dan efisien sesuai
dengan tujuan. Dalam interaksi belajar mengajar matematika seorang guru perlu
memahami faktor-faktor yang menyangkut murid, faktor-faktor tersebut adalah:
1. Apakah
siswa cukup cerdas?
2. Apakah
siswa cukup berbakat?
3. Apakah
siswa sudah siap belajar matematika?
4. Apakah
siswa mau belajar?
5. Apakah
siswa berniat dan tertarik?
6. Apakah
siswa senang dengan cara belajar yang kita berikan?
7. Apakah
suasana interaksi belajar mengajar mendorong siswa belajar?
8. Apakah
siswa menerima pelajaran dengan jelas dan benar?
9. Apakah
suasana lingkungan menunjang interaksi belajar mengajar?
Faktor-faktor
itu dapat mempengaruhi siswa dalam belajar, namun adapula beberapa faktor yang
sepenuhnya tergantung pada siswa, seperti kecerdasan, kesiapan dan bakat anak.
Dengan
memperhatikan faktor-faktor diatas, guru sedikit banyak akan lebih tahu untuk
menentukan strategi belajar yang tepat supaya siswa berhasil dalam belajar.
c. Sarana dan Prasarana
Proses belajar
mengajar akan berlangsung lebih baik lagi jika sarana dan prasarananya
menunjang. Seperti perpustakaan dengan buku matematika yang relevan merupakan
fasilitas yang penting. Sarana laboratorium matematika yang sederhana dengan
perlengkapan dan pembiayaan yang cukup akan meningkatkan kualitas belajar
matematika siswa. Ruangan yang sejuk dan bersih, tempat duduk yang nyaman,
papan tulis yang memadai, perlengkapan matematika seperti mistar, jangka, segitiga, busur, dan derajat
akan memperlancar terjadinya proses belajar mengajar matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar